Apa Itu Gereja? Cetak Biru Allah Untuk Ekklesia
Sumber: Jawaban.com

Kata Alkitab / 26 July 2024

Kalangan Sendiri

Apa Itu Gereja? Cetak Biru Allah Untuk Ekklesia

Puji Astuti Official Writer
909

Jika bicara “Apa itu gereja?”, saat ini orang langsung mengasosikan dengan gedung gereja atau denominasi gereja. Tetapi gereja berdasarkan apa yang ditulis di Alkitab tidak pernah digambarkan sebagai sebuah gedung atau kelompok yang terpisah-pisah oleh dokrin. Jadi apa itu gereja?  

Apa Arti Ekklesia?

Kata "gereja" berasal dari bahasa Yunani "ekklesia" yang berarti "yang dipanggil keluar" atau "pertemuan." Ekklesia pada awalnya oleh orang Yunani digunakan dalam konteks sekuler untuk merujuk pada pertemuan warga negara untuk urusan pemerintahan. 

Namun, dalam konteks Kristen, istilah ini mengambil makna yang lebih dalam, merujuk pada komunitas orang-orang yang dipanggil keluar dari kegelapan yaitu dosa,  untuk menjadi sebuah komunitas mengikuti Yesus Kristus. 

Gereja Menurut Pernyataan Yesus 

Yesus sendiri memberikan definisi yang mendalam tentang gereja. Dalam Matius 16:18, Yesus berkata kepada Petrus, "Engkau adalah Petrus, dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya." 

Pernyataan ini menegaskan bahwa gereja adalah institusi yang dibangun oleh Kristus sendiri dan memiliki fondasi yang kokoh, tidak akan tergoyahkan oleh kekuatan apapun. Gereja di sini dipahami sebagai komunitas iman yang hidup dan dinamis, yang anggotanya memiliki hubungan pribadi dengan Yesus Kristus. 

Gereja di Masa Yesus dan Rasul-rasul 

Pada masa Yesus, gereja belum berbentuk seperti yang dikenal saat ini. Yesus mengajar dan berkhotbah di sinagoga-sinagoga dan di berbagai tempat umum. Dia membentuk komunitas murid-murid yang kemudian menjadi fondasi gereja. Gereja sebagai sebuah komunitas orang percaya semakin kuat dan berdampak setelah kebangkitan dan kenaikan Yesus ke surga. 

Gereja mula-mula muncul pada hari Pentakosta ketika Roh Kudus dicurahkan kepada para rasul dan pengikut Yesus (Kisah Para Rasul 2). Para rasul mulai memberitakan Injil dengan penuh kuasa, dan banyak orang bertobat dan dibaptis.  

Gereja mula-mula adalah komunitas yang erat dan penuh semangat, yang berkumpul di rumah-rumah untuk beribadah, berdoa, dan belajar ajaran para rasul. 

BACA JUGA : Gereja Yang Berdampak, Jadi Terang Dan Garam Untuk Komunitas

Beberapa ciri khas gereja mula-mula antara lain: 

- Persekutuan yang Erat: Anggota gereja mula-mula hidup dalam persekutuan yang erat, saling berbagi kebutuhan, dan mendukung satu sama lain. 

- Pengajaran Para Rasul: Pengajaran yang diberikan oleh para rasul menjadi dasar doktrin dan iman gereja. 

- Doa dan Penyembahan: Gereja mula-mula sangat berfokus pada doa dan penyembahan, sering berkumpul untuk berdoa bersama dan memuji Tuhan. 

- Pelayanan dan Misi: Gereja mula-mula juga sangat aktif dalam pelayanan kepada yang membutuhkan dan dalam misi penginjilan. 

BACA HALAMAN SELANJUTNYA -->

Sumber : Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami